Sabtu, 07 Oktober 2017

Mengenal Intel Optane Memori Berkecepatan Tinggi

Pengertian intel optane
Intel Optane , akhir akhir ini sedang menjadi bahan pembicaraan khususnya bagi para perakit PC tentunya karena kemampuan sebuah komponen kecil ini dalam meningkatkan performa sebuah pc.
Yap Intel Optane Memory yang pertama diperkenalkan pada bulan Januari 2017 di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 lalu Dan bisa juga dikatakan bahwa Intel Optane Memory menjadi teknologi penyimpanan yang benar benar baru .
Apa itu Intel Optane ?
Intel Optane Memory merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan PC  menyimpan data cache pada perangkat yang berkecepatan sangat tinggi. Data
cache tersebut akan membanntu PC untuk mengakses berbagai data secara lebih cepat meski pengguna masih menggunakan HDD.
Penyimpanan data cache pada Optane Memory mirip dengan yang digunakan di SSD, para pengguna pc tentunya mengerti bahwa SSD bisa berjalan lebih cepat dibandingkan dengan HDD meskipun dengan protokol yang sama, yaitu SATA. namun teknologi optane memori ini menggunakan memori khusus yang menggunakan slot M.2 PCIe yang jauh lebih cepat dari SATA.

Berfungsi layaknya DRAM dengan waktu yang dapat ditentukan
Dalam kasus ini, hal yang perlu di ketahui jika intel optane tidak dapat digunakan untuk menyimpan file, hanya saja berfungsi untuk menyimpan data cache seperti layaknya sebuah DRAM ( RAM ).
Meskipun memiliki fungsi yang hampir sama dengan sebuah RAM namun Intel optane dapat terus menyimpan data cache meski setelah komputer dimatikan.
Jadi anda tetap harus memakai sebuah media penyimpanan hardisk ataupun ssd pada PC karena intel optane hanya menyimpan data cache dari software yang dijalankan oleh media penyimpanan.

Menggunakan protokol super cepat M.2
Karena intel optane memiliki read speed 1.2GBps, sementara write speednya mencapai 280MBps. untuk saat ini intel optane memerlukan slot khusus yaitu Slot M.2 pada motherboard anda untuk dapat bekerja, sehingga jika motherboard anda belum memiliki slot M.2 maka anda harus melakukan upgrade motherboard PC anda.
Tersedia dalam dua pilihan kapasitas
Tentusaja sebagai Teknologi tidak ada yang lolos dari kekurangan tentunya , meski memiliki kecepatan yang tinggi namun penyimpanan untuk optane memori saat ini masih terbatas pada 16 Gb dan 32 Gb saja dan jika data cache yang tersimpan pada optane memory telah penuh anda harus mengorbankan data cache yang telah disimpan untuk menggantinya dengan data cache yang baru. [ Masminlabs ]
Intel optane hanya dapat digunakan oleh prosessor generasi ke 7
Nampaknya ini juga menjadi kabar buruk bagi pengguna prosessor sebelum generasi ke 7 karena pasalnya teknologi intel optane hanya dapat dipergunakan oleh PC dengan prosessor dari intel dalam kasus ini hanya Generasi ke 7 yaitu kabbylake lah yang dapat menggunakan teknologi optane memory tersebut. Berikut tabel chipset dan jenis prosessor yang mendukung optane memory :
Pemasangan intel optane cukup mudah
Yap Pemasangan Intel Optane Memory juga tergolong mudah. Setelah modul Intel Optane Memory dan motherboard yang mendukung Optane Memory dimiliki, masukkan modul memori ke motherboard dan reboot komputer. Selanjutnya, download driver terkait dan install di sistem kemudian ikuti arahan sesuai perintahnya.
Jadi untuk siapa intel optane ?
Menurut saya sendiri intel optane akan lebih memberikan dampak yang segnifikan jika PC masih menggunakan HDD sebagai penyimpanan utama (tanpa adanya ssd atau m.2 ssd) .
Load comments

0 komentar