Senin, 13 Februari 2017

Kiat Membangun Bisnis Mandiri Bagi Karyawan

Mengingangat sebagai seorang karyawan saya sendiri sangat kesulitan dalam membangun bisnis mandiri , hal utama yang menjadi permasalahan bagi saya sendiri adalah membagi waktu untuk bekerja dan untuk hal hal lainnya seperti berbisnis mandiri
Permasalahan seperti inilah yang akan saya coba ulas di dalam artikel ini , berdasarkan pengalaman saya sendiri dan juga beberapa kenalan yang saat ini sudah memiliki bisnis sendiri  Membangun bisnis besar walau berstatus karyawan dalam sebuah perusahaan bisa dilakukan , Percayalah ! Anda pasti bisa !!!
Mengapa Harus Memulai Bisnis Mandiri?
Jika ditanya mengapa pastilah banyak sekali yang bisa dijadikan alasan memulai bisnis mandiri, seperti halnya Karena hobi , karena ingin mendapatkan tambahan penghasilan , karena kepepet tidak ada pekerjaan lain dan lain sebagainya
Sebelum menuju ke topik utama alangkah baiknya kita mengenali terlebih dahulu alasan mengapa harus berbisnis mandiri yang mampu membangun semangat berbisnis ,
1. Menambah pendapatan dalam segi finansial 
Sebagai seorang karyawan yang hidup disalah satu kota besar di Indonesia saya sendiri merasakan terkadang gaji serasa hanya pas pasan untuk makan sedikit kebutuhan rumah, beberapa tagihan dan ongkos ke kantor.
Namun permasalahan di atas adalah pemicu semangat untuk memulai bisnis mandiri , kenapa bisa begitu? Banyak pendiri perusahaan besar di tanah air tercinta ini memulai bisnis mandirinya karena merasa menjadi karyawan bukanlah passionnya sehingga mereka mencoba berfikir untuk memulai bisnisnya siapa sangka ternyata akhirnya mereka tidak hanya digaji namun dapat memberikan gaji bagi para karyawannya. Jadi tunggu apa lagi , bisnis apa yang bisa dimulai hari ini
2. Mepersiapkan Masadepan
"Tidak ada yang tahu hal apa yang akan terjadi dimasa mendatang" mungkin adalah kata yang tepat untuk memulai sub judul ini, sebagai seorang karyawan bisa saja Anda naik jabatan menjadi karyawan tetap atau mungkin saja diberhentikan secara terpaksa karena alasan tertentu , atau kata lainnya yaitu Dipecat.
Namun hal di atas tidak akan menjadi hal yang terlalu dikhawatirkan jika Anda telah memiliki usaha mandiri meski itu hanya usaha kecil kecilan seperti membuka warung atau angkringan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan yaitu dimasa tua nanti bisnis Anda dapat menjamin kehidupan Anda dikala fisik tak sekuat seperti saat anda masih muda . Di usia lanjut banyak hal yang lebih penting seperti anda harus lebih mengutamakan menjaga kesehatan tubuh Anda dari pada harus terus bekerja diperusahaan.
Lalu bagaimana cara memulai bisnis mandiri bagi karyawan ?
1. Memiliki mental kuat sebagai seorang pebisnis
Layaknya sebuah rumah semakin kuat pondasinya semakin kuat pula rumah tersebut, Seperti halnya mental semakin kuat mental seseorang semakin kuat dirinya dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dalam hidupnya.
Lalu seperti apa mental pebisnis tersebut ?
Dalam berbisnis , seorang pebisnis harus menetapkan sebuah rasa yakin sebagai kekuatan utama didalam membangun bisnisnya,
Saat berbisnis dan mengalami kerugian jadikanlah hal tersebut sebagai proses pembelajaran
Tentukan visi agar dijadikan penentu arah akan kemana bisnis ada sekarang , layaknya mobil , jika Anda offroad dengan mobil yang tepat anda akan mudah melewati rintangannya.
Didalam berbisnis Tentunya anda harus mempunyai partner bisnis , karena kekuatan pendukung merupakan pendorong anda untuk terus berbisnis.
2. Menentukan passion Anda
Terkadang banyak hal yang sedang trend tidak sesuai dengan kemampuan dan rasa suka kita terhadap suatu bisnis , Karena saat berbisnis tentunya kita harus memiliki mood yang baik guna mendapatkan hasil yang terbaik pula.
3. Mulailah Berbisnis !
Keraguan merupakan hal hal yang sering kita alami dan terkadang kita sendiri diuntungkan karena keraguan mengambil suatu tindakan atau bahkan dirugikan karena ragu dalam mengambil sebuah tindakan
Banyak jenis bisnis yang bisa dimulai ditahun 2017 ini seperti halnya jualan makanan , membuat toko online, atau jika Anda pandai program anda bisa membuat jasa sebagai programer, dan lain sebagainya , Buatlah keputusan dan mulailah bisnis Anda !
4. Terus belajar dan jangan menyerah
Belajar sesuatu untuk memperbaiki bisnis merupakan hal yang tepat dilakukan , di era digital seperti ini tentu tidaklah sulit mendapatkan referensi untuk usaha anda banyak situs situs yang mengenalkan tentang bisnis dan cara menbangunnya, dan yang menjadi hal yang harus dimiliki yaitu rasa pantang menyerah karena tidak ada sesuatu yang instan , bahkan mie instan pun perlu diseduh sekitar 5 menit agar siap disajikan .
Jadi sebagai seorang karyawan mencoba sesuatu yang baru seperti memulai bisnis mandiri bukanlah hal yang menjadi hambatan , karena tentunya kita membutuhkan sesuatu untuk masadepan nanti , Teruslah bersemangat dan mulailah bisnis Anda !!!
Terimakasih , Semoga bermanfaat.
Load comments

0 komentar